Eco-Entrepreneur
Vol 8, No 2 (2022): Desember

Pengaruh Kualitas Pelayanan Penitipan Barang dan Makanan Terhadap Kepuasan Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwodadi)

Nining Prasetyaningsih (Unknown)
Denny Nazaria Rifani (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan penitipan barang dan makanan terhadap kepuasan warga binaan pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan penitipan barang dan makanan terhadap tingkat kepuasan warga binaan pemasyarakatan Di dalam Lapas Kelas IIB Purwodadi. Adapun didalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menggunakan 146 responden, jumlah responden tersebut diambil dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus slovin. Pelayanan penitipan barang dan makanan ini dititik beratkan pada upaya untuk memberikan pelayanan yang prima bagi WBP selama berada di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan, pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yakni penyebaran kuesioner yang disusun dengan format jawaban dalam skala Likert serta studi kepustakaan. Pengolahan data yang diperoleh dari jawaban responden dalam kuesioner dilakukan dengan menggunakan program SPSS 2.5. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan secara keseluruhan variabel tingkat pelayanan penitipan barang dan makanan memberikan kontribusi dalam mempengaruhi variabel tingkat kepuasan WBP Di Lapas Kelas IIB Purwodadi sebesar 55,2% sedangkan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Pelayanan penitipan barang dan makanan bagi Narapidana berada dalam keadaan sangat baik, namun perlu ditingkatkan kembali guna menjaga dan meningkatkan pelayanan yang telah ada.

Copyrights © 2022