Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Siswa SMK

Syahfitri, Mufika (Unknown)
Sumargiyani, S (Unknown)
Khairani, Maulida Asih (Unknown)
Sidiq, Enggar Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) yang dapat membanngun kebiasaan saling bekerja sama dalam belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi tahun pelajaran 2018-2019. Subyek penelitian kelas XI Akuntansi B sejumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi kerja sama, lembar keterlaksaan pembelajaran, wawancara, dan pengamatan langsung. Berdasarkan hasil peneltian , maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan kerja sama belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi B SMK Muhammadiyah 1 Turi Semester genap tahun ajaran 2018/2019. Kerjasama siklus I sebesar 51,14% meningkat di Siklus II sebesar 72,54%

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...