Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Hubungan Tingkat Toleransi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 50 Jakarta

Fadhiil, Rahmat (Unknown)
Azhar, Ervin (Unknown)
Kurniawan, Yunda (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara tingkat toleransi siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 50 Jakarta dengan populasi yaitu kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 40 siswa dari 20 siswa MIA dan 20 siswa IIS. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh ̂Y= -9,478 + 0,371X menunjukan bahwa setiap penambahan satu skor tingkat toleransi diikuti dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 0,371 pada konstanta 9,478. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung sebesar 20,545 menunjukan bahwa model regresi signifikan. Uji linieritas regresi diperoleh Fhitung sebesar 1,926 menunjukan bahwa terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi pearson Product Moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi mengunakan t-student. Dari rhitung sebesar 0,592 didapat thitung sebesar 4,527 yang berarti H0 ditolak, maka terdapat hubungan tingkat toleransi dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,455 artinya kontribusi tingkat toleransi dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 46 %.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...