Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2019: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Analisa Pola Pembelian Konsumen pada Transaksi Penjualan Menggunakan Association Rules (Studi Kasus: Minimarket Jaya Mart Blambangan, Banjarnegara)

Sriwiji, Rina (Unknown)
Ariyani, Dwi Faridha (Unknown)
Ramadhani, Kurnia (Unknown)
Widodo, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Market basket analysis adalah suatu metode analisa atas perilaku konsumen secara spesifik dari suatu golongan atau kelompok tertentu. Market basket analysis umumnya dimanfaatkan sebagai titik awal pencarian pengetahuan dari suatu transaksi data ketika tidak mengetahui pola spesifik apa yang dicari. Proses ini dapat menganalisis pola pembelian pelanggan dengan cara menemukan hubungan antara produk-produk yang berbeda yang dibeli oleh konsumen dalam keranjang belanjanya secara bersamaan dalam satu kali transaksi. Salah satu cara untuk mengelompokkan data barang berdasarkan kecenderungannya yang muncul bersamaan dalam suatu transaksi dapat menggunakan algoritma apriori (association rules). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan software R-Studio, untuk mengaplikasikan algoritma apriori dari data penjualan bulan maret 2018 konsumen di minimarket jaya mart. Dari hasil penelitian ini ditemukan pola bahwa konsumen di minimarket Jaya Mart cenderung membeli produk yang sama untuk dibeli.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...