Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus

Teachers’ Role as Communicator and Motivator in Facilitating Early Childhood Sex Education in Kindergarten

Budi Rahardjo (Unknown)
Nur Amalia Olby Anwar (Unknown)
Ayu Aprilia Pangestu Putri (Unknown)
Fachrul Rozie (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Permasalahan kekerasan seks terhadap anak di Indonesia terus meningkat dimana tercatat kenaikan 30% pengaduan kasus pada tahun 2020. Guru sebagai garda terdepan pemberian rangsangan pada anak harus mampu menjadi komunikator dan motivator yang baik sehingga pendidikan seks mampu mencegah terjadinya kekerasan seks pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai komunikator, motivator serta strategi yang mereka terapkan dalam memberikan pendidikan seks di Taman Kanak-kanak. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pada salah satu TK di Samarinda yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk memperoleh data penelitian berdasarkan hasil pengamatan, pengumpulan data, analisis data serta kegiatan pelaporan. Data di analisis dengan teknik data reduksi lalu diuji keabsahannya dengan triangulasi. Hasil penelitan menunjukan bahwa guru selalu menyampaikan informasi seperti konsep menutup aurat, cara merawat diri dan lain-lain. Guru senantiasa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan kegiatan seperti forum ayah-bunda, program pembiasaan dan lain-lain. Temuan ini sejalan dengan implementasi program seks pada anak yang menekankan kegiatan dan pemberian informasi mengenai kondisi tumbuh anak, perbedaan lawan jenis dan sikap preventif. Kegiatan dialog aktif, program parenting dan fasilitas pengobatan untuk anak korban kekerasan seks dapat diterapkan sebagai strategi pendidikan seks di taman kanak-kanak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...