Asalibuna
Vol. 3 No. 02 (2019): Volume 03, Nomor 02, Desember 2019

Fa’aliyah Al’ab al-Nuthqi li Tarqiyah Maharah al-Qiraah (Bahts Tajriby fi Madrasah Al Huda al-Mutawassitah al-Islamiyyah bi Bandung Tulungagung Jawa al-Syarqiyyah)

Andarwati, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Banyak masalah penting yang dihadapi guru bahasa Arab sebagai bahasa kedua seperti halnya kesulitan siswa dalam mengucapkan kosa kata, memahami makna kata dan membedakan kosa kata lisan dan tertulis. Sehingga guru membutuhkan pembelajaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan tersebut. Masalah lainnya yaitu kondisi psikologi siswa di sekolah menengah pertama masih merasa takut dan malas belajar membaca bahasa arab, sementara mereka masih suka bermain-main. Oleh karena itu dengan cara menggunakan permainan bahasa dalam proses belajar mengajar keterampilan membaca bahasa Arab akan memenuhi kesulitan-kesulitan bahasa yang disebabkan oleh kondisi psikologi siswa dalam proses belajar mengajar. Metodologi penelitian ini menggunakan: pendekatan Kuantitatif, penelitian empiris dan the equivalent pretest-postest design. Obyek penelitian ini adalah terdiri dari siswa-siswi kelas VII «B” dengan jumlah 40 siswa dan kelas VII «f” dengan jumlah 40 siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Jawa Timur, tahun akademik 2010-2011. Menggunakan instrument penelitian: test, interviewdan questionnaire. Hasil penelitian dari penggunaan permainan bunyi bahasa “Saya di sini” dalam meningkatkan keterampilan membaca di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Huda Bandung Tulungagung, Jawa Timur, adalah: (1) efektif untuk pengucapan homofon dan homograf bahasa arab sampai dengan 90,94%. (2) efektif dalam mengartikan kosa kata sampai dengan 85,42%. (3) efektif dalam membedakan kosakata lisan dan tertulis sampai dengan 98,75%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

asalibuna

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Asalibuna is a journal of linguistics and education on Arabic fields, published biannually: on June and December by Arabic Education Department, the State Islamic Institute (IAIN) of Kediri, Indonesia. This journal accepts research-based on papers from the fields of Arabic language teaching and ...