Asalibuna
Vol. 1 No. 02 (2017): Volume 01, Nomor 02, Desember 2017

فعالیة استخدام الألعاب اللغویة لترقیة مھارة القراءة المعاصرة )بحث تجریبي لطلاب قسم تدریس اللغة العربیة بالجامعة الإسلامیة الحكومیة كدیري السنة الدراسیة

Munjiyat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Terminologi game seringkali diasumsikan sebagai kegiatan yang kontra produktif dan identik dengan anak usia dini. Pelbagai kajian teoritis dan aplikatif telah mendialektikakan antara game dengan berbagai disiplin ilmu, termasuk bidang pendidikan. Dalam kontekspembelajaran bahasa, game dipakai dalam pembelajaran listening dan speaking skills (maha<ra<tu al-ittis}al al-shafahy), sangat jarang ditemukan pembelajaran reading atau writting skills (maha<ra<tu al-ittis}al al-kita<by) dengan menggunakan game bahasa. Penelitian ini mencoba keluar frame dengan menakar efektifitas game bahasa dalam meningkatkan kompetensi membaca (reading skills) mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sedangkan instrumen pengumpulan datayang digunakan adalah 1. Tes, 2. Interview, dan 3. Angket. Dari penelitian tersebut dapt disimpulkan bahwa game bahasa berdampak signifikan terhadap perkembangan kemampuan membaca siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan perubahan rata-rata nilai pretest yang mencapai 57,70 meningkat menjadi 77,40 pada rata-rata nilai posttestnya. Hasil tersebut diperkuat dengan t test yang dilakukan peneliti serta hasil analisa angket dan interview.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

asalibuna

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Asalibuna is a journal of linguistics and education on Arabic fields, published biannually: on June and December by Arabic Education Department, the State Islamic Institute (IAIN) of Kediri, Indonesia. This journal accepts research-based on papers from the fields of Arabic language teaching and ...