Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan Bahasa Jepang

Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Bahasa Jepang di Masa Pandemi Covid-19 SMA Negeri 1 Batu

Nurica Virdaus (Brawijaya University)
Ulfah Sutiyarti (Brawijaya University)
Rini Wahyuningsih (SMAN 1 Batu)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa SMA melalui pembelajaran bahasa Jepang yang dilakukan secara daring di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan penyajian data deskriptif. Pengambilan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket yang diperkuat dengan literatur terkait pendidikan karakter. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Batu telah menginternalisasikan 14 dari 18 nilai-nilai karakter sesuai Kurikulum 2013 pada saat pembelajaran. Sedangkan 4 karakter seperti peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air diinternalisasikan ketika guru menyisipkan cerita tentang kebudayaan Jepang dengan menyesuaikan tema materi yang sedang dipelajari. Guru mengelaborasi nilai-nilai karakter dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan persuasif agar siswa mampu menghayati nilai-nilai karakter yang dimaksudkan. Sebagaimana tujuan pendidikan adalah bagaimana mencetak generasi  tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga sikap yang baik dan dengan kecakapan yang dibutuhkan dalam mengarungi hidup di masyarakat.

Copyrights © 2022