Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tata cara menggunakan media audio visual lawak Bali untuk meningkatkan keterampilan berparibasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, mengetahui keterampilan siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati setelah menggunakan media audio visual lawa Bali dalam berparibasa Bali, serta pendapat dari siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati tentang media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati, dan objek dari penelitian adalah pembelajaran menggunakan media audio visual lawak Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) tata cara guru menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pelajaran Paribasa Bali sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat, (2) menggunakan media audio visual lawak Bali dapat meningkatkan keterampilan siswa berparibasa Bali, terdapat peningkatan nilai rata-rata siklus I 70,88 dan siklus II 81,63, (3) pendapat siswa tentang penggunaan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali pada siklus I baik, dengan skor 10,80 dan pada siklus II sangat baik, dengan skor 14,61. Berdasarkan hasil tersebut dalam disimpulkan terdapat pengaruh yang baik dan signifikan ketika menggunakan media audio visual lawak Bali dalam pembelajaran Paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati. Kata kunci: Audio Visual, Keterampilan, Paribasa Bali
Copyrights © 2022