Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 9 No. 2 (2022)

Penerapan Media Film Pendek Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar

Putu Nita Wahyuni (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putra Manik Aryana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Gede Wisnu (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: (1) Tata cara menggunakan film pendek “Guru” untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, (2) Media film pendek “Guru” dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, (3) Pendapat siswa terkait media pembelajaran film pendek “Guru” digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai penerapan media film pendek “Guru” untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar dalam menulis puisi Bali modern yang terdiri dari tahapan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran, (2) Film pendek “Guru” dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Hasil rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu 70,48 nilai siswa kemudian meningkat 75,32 pada siklus 1, dan pada siklus 2 yaitu 86,61, (3) Siswa berpendapat baik mengenai penggunaan film pendek “Guru” sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern. Pada siklus I terdapat 10 (32%) orang siswa yang berpendapat sangat baik, dan sisanya 21 (68%) orang siswa berpendapat baik. Pada siklus II terdapat 22 (71%) orang siswa berpendapat sangat baik dan sisanya 9 (29%) orang siswa berpendapat baik belajar menulis puisi Bali modern menggunakan media pembelajaran film pendek “Guru”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...