Pelabuhan adalah tempat untuk melaksanakan kegiatan pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya yang diangkut melalui jalur transportasi laut. Untuk itu diperlukan pelayanan pelabuhan yang baik pada kegiatan-kegiatan tersebut. Pelayanan yang baik merupakan pelayanan yang aman dan efisien terhadap pengguna pelabuhan, serta membutuhkan kinerja yang baik dalam pelayanan pelabuhan. Pelayanan yang buruk dari pelabuhan akan berdampak besar bagi kegiatan perdagangan dan distribusi barang di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pihak pengelola pelabuhan Bungkutoko Kendari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis dilakukan dengan menghitung Customer Satifaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa indeks kepuasan konsumen pada Pelabuhan Bungkutoko Kendari sebesar 0,6 dan berada pada rentang 0,51 – 0,65 menunjukan bahwa penumpang merasa cukup puas terhadap kualitas pelayanan fasilitas yang diberikan pihak pengelola Pelabuhan Bungkutoko Kendari. Dari hasil analisis IPA, atribut menjadi prioritas utama pihak pengelola pelabuhan atau yang perlu dimaksimalkan masuk pada kuadran 1. Atribut kuadran 1 terdiri dari, kondisi dan jarak jalan akses ke dermaga, kebersihan wc/toilet, fasilitas keamanan di ruang tunggu dan kesesuaian tarif angkutan barang ke kapal.
Copyrights © 2022