Artikel ini memuat observasi masalah pada anak tunagrahita ringan, dan ketidakmampuan anak membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan membuktikan apakah media misteri card box dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan merupakan studi perilaku.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pengujian dan dokumentasi serta diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan berdasarkan alat survei dan observasi yang diisi oleh peneliti dan guru serta diolah dengan metode persentase. Pada survey siklus 1 nilai yang didapat dari JT 1 sampai 4 adalah 35%, 40%, 50%, dan 55%. Skor YT adalah 40%, 40%, 45%, 50%, sedangkan skor SN adalah 45%, 50%, 55%, 60%. Pada siklus II keterampilan siswa meningkat, namun JT mencapai skor 60%, 75%, 80%, dan 95% dari pertemuan pertama hingga keempat. Skor YT adalah 65%, 70%, 85% dan 90%, sedangkan skor SN adalah 70%, 80%, 95% dan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu misteri dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak kelas III psikosis ringan dari SDLBN 117709 Labuhanbatu.
Copyrights © 2022