E-JUPEKhu
Vol 10, No 2 (2022)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Media Kolase Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SLBN 2 Kota Jambi

Suherman, Siti Rahmayanti (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN 2 Kota Jambi kelas I-C. Berdasarkan pengamatan terhadap pembelajaran anak 1-C SLBN 2 Kota Jambi, anak mengalami kesulitan dalam keterampilan motorik halusnya. Saat diberi kegiatan yang berkaitan dengan motorik halus anak sering meminta bantuan guru untuk menyelesaikannya. Bila anak mengerjakan sendiri, hasil karya anak kurang baik. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui media kolase bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran meningkatkan keterampilan motorik halus untuk anak tunagrahita ringan dilakukan melalui media kolase. 2) Hasil belajar anak tunagrahita ringan kelas I dalam keterampilan membuat kolase meningkat melalui media kolase dengan bahan alam. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan keterampilan anak dalam 10 indikator membuat kolase nilai rata-rata persentase anak 37.5 %. Sedangkan pada akhir siklus I nilai rata-rata persentase anak meningkat menjadi (62.5%) dan pada siklus II nilai rata-rata persentase anak meningkat menjadi (82.5%). Berdasarkan hasil penelitian beserta analisis data, dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui media kolase untuk anak tunagrahita ringan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...