PEDAGOGIA
Vol 19, No 3 (2021)

THE CHALLENGES OF TEACHERS IN DISTANCE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Masduki Ahmad (Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

AbstrakMerebaknya pandemi covid-19 mengakibatkan guru yang merupakan salah satu stakeholder pendidikan harus cepat beradaptasi dengan perubahan sistem pembelajaran yang mulanya tatap muka lalu beralih menjadi tatap maya. Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba ini pun menimbulkan berbagai keresahan yang dialami oleh guru. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan guru pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, informannya adalah empat orang guru SMP Negeri 8 Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tantangan guru pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diantaranya yaitu merencanakan pembelajaran, menyiapkan peserta didik, memotivasi peserta didik, menanamkan karakter pada peserta didik, dan jaringan internet yang kurang stabil. Guru pun akhirnya mencari cara atau solusi terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan cara berdiskusi dengan peserta didik, menggunakan teknologi atau aplikasi pembelajaran yang bervariasi, bekerjasama dengan orang tua, dan mengikuti pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. AbstractThe outbreak of the covid-19 pandemic has resulted in teachers who are one of the stakeholders’ education having to quickly adapt to changes in the learning system, which were initially face-to-face and then turned into virtual faces. This sudden change also caused a lot of anxiety experienced by the teacher. Therefore, this study aims to determine the challenges of teachers during distance learning. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. In this study, the informants were fourth teachers of SMP Negeri 8 Cilacap. The results showed five challenges for teachers during distance learning: planning lessons, preparing students, motivating students, instilling character in students, and unstable internet networks. The teacher finally looks for the best way or solution to overcome it, namely by discussing with students using various learning technologies or applications, collaborating with parents, and participating in training to improve their competencies.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...