PEDAGOGIA
Vol 19, No 3 (2021)

VALIDITAS MODUL DIGITAL BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SAINS

Muhammad Yusran Rahmat (Unknown)
Salwa Rufaida (Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

AbstrakModul digital berbasis project-based learning dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas sains calon pendidik anak usia dini sebagai salah satu inovasi pembelajaran digital dalam bentuk modul yang bersifat open source for learning. Modul digital dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk dapat belajar dimana saja dan kapan saja yang merupakan tonggak utama Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian dilakukan dengan tujuan menelaah rancangan dan menganalisis tingkat kevalidan modul digital berbasis project based learning untuk meningkatkan kreativitas sains calon pendidik anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE yang terdiri atas tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation dengan tujuan melihat kelayakan produk yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk menganalisis kevalidan dari modul digital yang telah dikembangkan. Data ditunjang oleh tanggapan validator secara kualitatif. Hasil uji validitas dengan mengggunakan uji Gregory diperoleh koefisien validitas yaitu 0,90 yang berarti menunjukkan bahwa setiap aspek secara keseluruhan valid dan dalam kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa modul digital berbasis project based learning sangat layak digunakan sebagai sumber belajar bagi calon guru pendidikan anak usia dini dalam meningkatkan kreativitas sains. AbstractThe digital module based on project-based learning was developed to increase the creativity of prospective early childhood educators as one of the digital learning innovations in the form of an open-source module for learning. Students can use the digital module to study anywhere and anytime as the milestone of independent learning on independent campuses programs. The research aims to review the design and analyze the level of validity of digital-based project-based learning modules to increase the creativity of prospective early childhood educators. This research is development research using the ADDIE design consists of the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation to see the validity of the developed product. Data was collected using a questionnaire technique to see the validity of the digital module development. The data is supported by the validator's responses qualitatively. The validity test results using the Gregory test obtained a validity coefficient of 0.90 and indicates that each aspect is overall valid with a very high category. This result shows that the digital project-based learning module is very suitable to be used as a learning resource for prospective early childhood education teachers in increasing creativity.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...