Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 3 (2022): November

Pembelajaran Teks Eksplanasi dengan Pemanfaatan Video Fenomena Sosial di Kelas XI SMA

Nita Talia (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Sudiana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Tradisi menulis di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan dengan tradisi membaca, terlebih di kalangan generasi muda. Rendahnya tradisi menulis diakibatkan oleh rendahnya minat membaca. Kendala yang dihadapi peserta didik dalam melakukan keterampilan menulis yaitu kurangnya motivasi peserta didik untuk menulis, rendahnya minat menulis peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran menulis teks, dan peserta didik merasa kesulitan dalam pemilihan kata-kata yang tepat untuk menyambungkan kalimat awal dengan kalimat selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran teks eksplanasi dengan pemanfaatan video fenomena sosial di kelas XI SMA. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa pembelajaran di SMA dilakukan secara full online dan telah menerapkan media video sebagai bahan ajar dalam tiga tahapan pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pembelajaran teks eksplanasi yang dilakukan dengan pemanfaatan video dikatakan berhasil dibuktikan dengan nilai peserta didik di atas rata-rata. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran adalah kehadiran peserta didik saat pembelajaran kurang serentak, gangguan jaringan, dan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...