Abstrak. Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta mengenai pelatihan pengembangan model pembelajaran inovatif yang dilakukan secara luring. Tujuan pelaksanaan PKM yaitu (1) untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan model pembelajaran, (2) untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pengembangan model pembelajaran inovatif, (3) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan model pembelajaran inovatif, dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran. Kegiatan PKM dilaksanakan hari Jumat s.d. Sabtu tanggal 28 s.d. 29 Oktober 2022 di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Provinsi Sulawesi Barat kemudian dilanjutkan dengan pembimbingan dan pendampingan kepada peserta secara luring. Peserta kegiatan PKM adalah guru-guru sekolah Paku Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Provinsi Sulawesi Barat. Materi yang disajikan dalam kegiatan PKM yaitu (1) teori & konsep: model pembelajaran, (2) pengembangan model pembelajaran inovatif, dan (3) implementasi model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran di sekolah. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan program PKM yaitu (1) meningkatnya kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan model pembelajaran, (2) meningkatnya pengetahuan mengenai model pembelajaran inovatif, (3) meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan model pembelajaran inovatif dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran. Luaran kegiatan PKM yaitu (1) laporan hasil pelaksanaan PKM, (2) artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam prosiding ber-ISBN dari seminar nasional, (3) artikel pada media massa cetak/elektronik, (4) video yang kegiatan yang dipublikasikan secara luas pada media online youtube, dan (5) adanya peningkatan keberdayaan mitra sesuai permasalahan yang dihadapi. Kata kunci: PKM, Model Pembelajaran Inovatif, Pelatihan & Bimbingan
Copyrights © 2022