el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 5, No 2 (2022): el-ibtidaiy

Pengembangan Media Power Point dan Spin Game dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Abel Nugraha Nugraha (Universitas Riau)
Erlisnawati Erlisnawati (Universitas Riau)
Eva Astuti Mulyani (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa Power Point dan Spin Game pembelajaran indahnya kebersamaan pada pelajaran IPS ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation yang dikemukakan oleh Robert Maribe pada tahun 2009. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan ahli materi, dan ahli media sebagai validator ahli terhadap Power Point yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung rata-rata skor yang didapatkan dari validator ahli materi, dan ahli media serta rata-rata skor yang didapatkan dari uji coba produk yaitu respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video yang dikembangkan dilihat dari materi dan bahasa yang dinilai oleh ahli materi mendapatkan skor 80,00% dengan kategori sangat valid, sedangkan dari segi media yang dinilai oleh ahli media mendapatkan skor 91,42% dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan Power Point yang dikembangkan termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Untuk uji coba produk pada respon guru mendapatkan skor 94,76% dan pada respon siswa mendapatkan skor 85,61% dengan kategori “Sangat Baik”. Penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam belajar khususnya pada pelajaran IPS ilmu pengetahuan sosial, dapat meningkatkan daya minat peserta didik dalam belajar, menciptakan proses belajar yang menarik serta menunjukkan pada peserta didik bawah budaya ada yang disekitar dapat di pelajari untuk pengetahuan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...