Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 20, No 1 (2013): Vol. 20, No. 1, Juni 2013

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA

SAVITRI, DIAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2015

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar, penggunaan media yang tepat memudahkan peserta didik memahami suatu konsep. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa. Pengembangan media pembelajaran matematika sebagai penunjang proses pembelajaran mengikuti model 4-D Jerold dan Thiagarajan, yaitu define, design, develop dan desiminasi. Pertama analisis kebutuhan sampai diperoleh gambaran konsep dasar pembuatan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash yang menghasilkan desain awal media pembelajaran. Hasil ujicoba performance sistem, program dapat dijalankan pada komputer manapun tanpa proses instalasi. Kemudian dilakukan validasi tim ahli untuk mengetahui kelayakan media serta uji coba sebagai upaya memperoleh saran berkualitas dari pengguna. Hasil validasi media pembelajaran layak digunakan dengan beberapa revisi dan saran tim ahli. Hasil ujicoba pengguna berupa respon mahasiswa terhadap media pembelajaran menunjukkan lebih dari 65% setuju bahwa media pembelajaran yang dibuat untuk diterapkan di kelas. Media pembelajaran matematika yang dihasilkan dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.    Kata kunci: media, matematika, multimedia, uji coba. Media has an important role in the learning process, facilitate the use of appropriate media students understand a concept. Therefore we need a multimedia-based learning media that can improve student comprehension. The development of instructional media to support learning mathematics using 4 - D models follow Jerold and Thiagarajan: define, design, develop and disseminate. First analysis of the need to obtain an overview of learning the basic concepts of media creation using Macromedia Flash that generates the initial design of instructional media. The results of performance test system, the program can be run on any computer without installation process. Then do the validation of a team of experts to determine the feasibility of the media as well as a pilot effort to obtain the advice of a qualified user. The results of the validation study media fit for use with some revisions and suggestions team of experts. The results of user testing in the form of student responses to instructional media indicate that more than 65 % agree that the media is made ​​to apply learning in the classroom. Thus the resulting mathematical learning media can be used to support the learning process. Keywords : media, mathematics, multimedia, test.

Copyrights © 2013