Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 19, No 2 (2012): Vol. 19, No. 2, Desember 2012

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA (LKM) MEKANIKA KUANTUM DAN STRUKTUR ATOM BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH

NOVITA, DIAN (Unknown)
, MUCHLIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penelitian pengembangan LKM Mekanika Kuantum dan Struktur Atom berorientasi pemecahan masalah. Urutan kegiatan meliputi 1) menelaahkan LKM kepada dosen matakuliah, 2) melakukan revisi LKM, 3) memvalidasikan LKM ke dosen rumpun keahlian Kimia Fisika. Pada saat bersamaan dengan validasi, dilakukan ujicoba terbatas kepada mahasiswa yang kemudian akan dilakukan analisis terhadap hasil validasi serta hasil ujicoba terbatas tersebut. Berdasarkan uraian dalam pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKM Mekanika Kuantum dan Struktur Atom berorientasi pemecahan masalah telah layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Hal ini dapat dirinci sebagai berikut: 1) Validasi Isi LKM yang telah dikembangkan memperoleh persentase 73,33% dengan kategori layak, 2) Validasi Penyajian LKM yang telah dikembangkan memperoleh persentase 77,78% dengan kategori layak, 3) Validasi Keterbacaan LKM yang telah dikembangkan melalui ujicoba terbatas memperoleh persentase 77,78% dengan kategori layak. Kata kunci: pengembangan LKM, pemecahan masalah, Kimia Fisika. The research aim describe the research of developing problem-solving worksheet in Quantum Mechanical and Atomic Structure. Sequencing of activity included 1) analyze worksheet by lecturer, 2) revised worksheet, and 3) validate the worksheet to course expertise of physical chemistry. At the same time as the validation, the tests are limited to students who performed an analysis of the results of the validation and the results of limited test. Based on the description in the discussion it can be concluded that the development of the worksheet at Quantum Mechanics and Atomic Structure that are oriented by problem solving was fit for use as a learning device. It can be described as follows: 1) Content Validation is obtain a percentage of 73.33% to qualify, 2) Validation Presentation is obtain a percentage of 77.78% with a valid category, 3) Validation Readability is obtain a percentage of 77.78% to qualify. Key words:  developing worksheet, problem solving, Physical Chemistry,

Copyrights © 2012