Inkuiri merupakan salah satu cara yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan ketrampilan berpikir dengan menggunakan proses mental lebih tinggi dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah kimia organik II pokok bahasan alkohol-eter. Subjek penelitian adalah model pembelajaran inkuiri yang diimplementasikan pada pembelajaran pokok bahasan alkohol-eter untuk mahasiswa Pendidikan Kimia kelas Internasional Angkatan 2009 di Jurusan Kimia FMIPA UNESA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif. Deskripsi meliputi keterlaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar serta aktivitas mahasiswa selama implementasi model pembelajaran inkuiri. Data yang diperoleh sebagai berikut: rata-rata skor hasil penilaian keterlaksanaan RPP adalah 4,5 dengan kategori baik. Sebanyak 75,01% aktivitas menunjukkan aktivitas mahasiswa yang terdiri dari aktivitas merencanakan dan melakukan eksperimen (23,85%), mengerjakan LKM (18,37%), membaca buku/ LKM (13,7%), serta merumuskan kesimpulan (6,64%). Model pembelajaran inkuiri yang telah dilakukan telah mampu mengurangi aktivitas mendengarkan penjelasan dosen dengan rata-rata 24,03%. Ketuntasan belajar aspek psikomotor mahasiswa secara classical pada pre test adalah 36,36% dan pada post test 81,81%. Setelah proses pembelajaran berbasis inkuiri diterapkan, semua mahasiswa mencapai nilai ≥ 70 sehingga dikatakan tuntas secara klasikal. Supaya dicapai hasil yang memuaskan sebaiknya pembelajaran berbasis inkuiri dilakukan dengan persiapan dan pengaturan waktu yang cermat agar pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien.
Kata kunci : Inkuiri, Kompetensi.
Inquiry is one of the way to increase the student thinking skill by using higher menthal process and critical thinking skill. This research aim to increase student competence in organic chemistry II on alkohol-eter matter. Research subjek is educational student of International Chemistry class of Generation 2009 at Chemistry Department of FMIPA Unesa. This Research is type research of discriptif. Description include learning on going, learning mastery and also student activity during implementation of inquiry model. Research result shows mean score of learning on going is 4,5 with good category. Counted 75,01% activity show student activity which consist of activity plan and conduct experiment ( 23,85%), doing LKM ( 18,37%), reading book/worksheet ( 13,7%), and also formulate conclusion ( 6,64%). Inquiry model which have been conducted have been able to reduce the listen activity of lecturer explanation with mean 24,03%. Learning mastery in psycomotor student classically at pretest is 36,36% and at posttest is 81,81%. After learning process based on inquiry model, all sudent have value more 70 so it is called learning mastery classically. Inquiry model can be applied effectively and efficient if it apply with preparation and arrangement time carefully.
Key words: inquiry, competence.
Copyrights © 2012