Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 11 No. 3 (2022)

Relasi Patron Klien Panrita Lopi di Desa Bira Kabupaten Bulukumba

Syarifuddin (Universitas Negeri Makassar)
Shermina Oruh (Universitas Pejuang Republik Indonesia)
Syamsu Andi Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar)
Andi Agustang (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Relasi patron klien Panrita Lopi merupakan hubungan yang berbentuk secara vertikal antara atasan dan bawahan Punggawa dengan Sahi. Relasi patron klien terbangun didasari oleh kepentingan antara punggawa dengan Sahi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk relasi patron klien Panrita Lopi di desa Bira kabupaten Bulukumba dan menginterpretasi rasionalitas langgengnya relasi patron klien Panrita Lopi antara punggawa dan buruh pembuat kapal (sahi). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk relasi patron klien antara punggawa dengan buruh pembuat kerja kapal (sahi) yang terbangun atas dasar kepentingan pemenuhan kebutuhan yang menjadi determinan terbinanya relasi antara punggawa dan buruh pembuat kapal (sahi). Kesimpulan bahwa Rasionalitas langgengnya relasi pantron klien antara punggawa dengan buruh pembuat kapal, didasari oleh beberapa faktor diantaranya seperti rasionalitas ekonomi, rasionalitas sosial dan rasioanlitas kepatuhan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISH

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (JISH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JISH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective in society and ...