AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 3 (2022)

E – MODUL BERBASIS STEM PBjL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SELAMA PANDEMI COVID -19

Rosita Dwi Ferdiani (Universitas PGRI Kanjuruhan)
Yuniar Pranyata (universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan E-modul berbasis STEM PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada masa pandemi covid -19 di perguruan tinggi di Malang, Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika pada salah satu perguruan tinggi di Malang. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti adalah 75% dari jumlah siswa yang dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 65. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan E-modul berbasis STEM-PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai tes I dan tes II berupa nilai rata-rata dari 74,10 menjadi 79,07 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 18,28%, dari 71% menjadi 89%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...