Psikologi Konseling: Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling
Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Konseling

PERBEDAAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN EFIKASI DIRI PADA SISWA SMA KOTA MEDAN

Desvi Yanti Mukhtar (Unknown)
Fasti Rola (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan ketidakjujuran akademik berdasarkan jenis kelamin dan efikasi diri pada siswa SMA Kota Medan. Ketidakjujuran akademik adalah suatu tindakan atau perbuatan melanggar aturan atau tidak sah yang dilakukan oleh siswa dalam bentuk menyontek, kolaborasi tidak sah, dan plagiarism di lingkungan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan melibatklan 385 siswa pada salah satu SMA di Kota Medan. Pengumpulan data menggunakan Skala Ketidakjujuran Akademik yang disusun oleh Ampuni dkk (2019) dan Skala Efikasi Diri disusun oleh Sofia (2020). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komparatif dengan menggunakan uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan ketidakjujuran akademik pada siswa laki-laki maupun perempuan (F=0.002 dan p>.05), (2) terdapat perbedaan ketidakjujuran akademik berdasarkan efikasi diri yakni semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki siswa maka semakin rendah ketidakjujuran akademik (F=8.079 dan p<.05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Konseling

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PSIKOLOGI KONSELING diterbitkan oleh Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian. Jurnal PSIKOLOGI KONSELING merupakan wadah bagi peneliti, ...