Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 3, No 2 OKT (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Al-Karim Kota Bengkulu

Oty Damitri (SMP Alkarim Kota Bengkulu)
Ramlawati Ramlawati (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Harisah Alim (SMPN 18 Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam tiga kegiatan belajar dengan materi usaha dan pesawat sederhana, selama 31 hari efektif yang telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2021. Sampel penelitian adalah kelas VIII dengan jumlah peserta 15 siswa dengan alat pengumpul data berupa lembar test akhir setiap kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan belajar I, persentase ketuntusan belajar yang diperoleh adalah 60%, pada kegiatan belajar II, persentase ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 73% dan pada siklus III, persentase ketuntusan belajar yang diperoleh adalah 86,67%. Dari hasil analisa data diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peniingkatan persentase hasil belajar dari kegiatan belajar I ke kegiatan belajar II hingga kegiatan belajar III.Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning

Copyrights © 2022