Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Pedoman Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini, selanjutnya menguji bagaimana kelayakan dan bagaimana kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan menerapkan empat langkah dari lima langkah model pengembangan Puslitjaknov yaitu analisis kebutuhan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi dan uji coba skala kecil dan revisi. Analisis kebutuhan produk dilakukan dengan teknik focus group discussion dengan guru-guru PAUD. Uji kelayakan dilakukan dengan memberikan angket validasi produk kepada dua orang ahli materi dan satu orang ahli Bahasa. Uji kepraktisan dilakukan dengan memberikan angket respon guru kepada 25 orang guru-guru PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Pedoman Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis angket validasi ahli memperoleh rata-rata persentase skor sebesar 89,5% dengan kategori sangat layak dan hasil analisis angket respon guru dengan skor persentase sebesar 86,8% dengan kategori sangat praktis.Kata Kunci: Pengembangan Buku pedoman, Instrumen Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini.This study aims to develop a guidebook for the preparation of Early Childhood Learning Evaluation Instruments, then to test the feasibility and practicality of the products developed. The research method uses development research by applying four steps of the five steps of the Puslitjaknov development model, namely product requirements analysis, initial product development, expert validation and revision and small-scale trials and revisions. Analysis of product needs is done by using focus group discussions with PAUD teachers. The feasibility test is carried out by giving product validation questionnaires to two material experts and one language expert. The practicality test was carried out by giving teacher response questionnaires to 25 PAUD teachers. The results showed that the Guide to the Preparation of Early Childhood Learning Evaluation Instruments which was developed based on the results of the expert validation questionnaire analysis obtained an average percentage score of 89.5% in the very appropriate category and the results of the teacher response questionnaire analysis with a percentage score of 86.8%. very practical category.Keyword: Development of Handbooks, Early Childhood Learning Evaluation Instruments.
Copyrights © 2022