JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 2: Oktober 2022

Upaya Meng Efektifkan Belajar Melalui Metode Tanya Jawab Diskusi Dan Ceramah Dalam Mata Pelajaran Matematika Vi Sekolah Dasar Negeri 190/Iii Pondok Siguang.

Melinda Yusri Rizki (Universitas Adiwangsa Jambi)
Rian Novita (Universitas Adiwangsa Jambi)
Evrina Evrina (Universitas Adiwangsa Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Sebagai guru kelas sepantasnya sekolah dasar menguasai pengetahuan dalam mengelola pembelajaran dikelas dimanapun tempat tugasnya agar pembelajaran yang disajikan dapat diterapkan oleh siswa dengan baik. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan di kelas VI untuk mata pelajaran matematika di sekolah dasar negeri 190/III Pondok Siguang. Adapun karakter siswa di sekolah dasar negeri 190/III Pondok Siguang untuk kelas VI dimana pada umumnya orang tua siswa bermata pencaharian Bertani dan dimana siswa sepulangnya dari sekolah harus membnatu orang tuanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan sebanyak tiga kali siklus, didapatkan hasil yang cukup memuaskan, terutama pada asek timgkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. materiPenguasaan dan penggunaan siswa terhadap materi ini dapat diketahui berdasarkan hasil test evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir proses pembelajaran, hasil test ini dapat dilihat pada table tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil pembelajaran/prestasi yang diperoleh siswa. Dalam hal ini terlihat pada setiap siklus dimana efektifitas penggunaan metode pemberian, tanya jawab, ceramah dan diskusi maka hasil yang diperoleh siswa telah memperlihatkan perubahan pada setiap siklus. Sementara pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada masalah rendahnya perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan (disajikan). Rendahnya kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru dan rendahnya minat siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah memperlihatkan kemampuan yang sangat memuaskan. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil pengamatan (Observasi) selama proses pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...