Setiap investor memiliki strategi untuk mencapai tujuan investasi. Sejumlah elemen kepribadian dapat mempengaruhi (persepsi) kinerja investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana ciri kepribadian (Big Five Personality) mempengaruhi persepsi kinerja investasi. Data diperoleh dari 500 responden yang merupakan investor dari berbagai generasi di Indonesia. Pengambilan data menggunakan convenience sampling. Hipotesis diuji menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ciri kepribadian berdampak signifikan terhadap (persepsi) kinerja investasi. Secara parsial, kepribadian keramahan (agreeableness) dan neurotisisme (neuroticism) berpengaruh negatif signifikan terhadap (persepsi) kinerja investasi. Di sisi lain, kehati-hatian (conscientiousness), ekstraversi (extraversion), dan keterbukaan (openness), semuanya berpengaruh positif signifikan terhadap (persepsi) kinerja investasi. Penelitian ini menunjukkan pentingnya memahami dan mengelola kepribadian ketika mengalokasikan aset untuk mencapai tujuan investasi serta berkontribusi dalam mengembangkan teori keuangan keperilakuan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022