Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 2 (2022)

Media Leaflet Keanekaragaman Jenis Burung Desa Tunang Dengan Pengayaan Informasi Cerita Rakyat

Ayu, Febriana Emmytha (Unknown)
Candramila, Wolly (Unknown)
Tenriawaru, Andi Besse (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat seperti keanekaragaman hewan di suatu wilayah dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi. Penelitian ini mendeskripsikan pengembangan media leaflet berjudul Keanekaragaman Jenis Burung di Desa Tunang Kabupaten Landak pada Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati kelas X SMA, yang diperkaya cerita rakyat setempat “Pak Ali-Ali Menggetah Burung”. Metode pengembangan yang digunakan yaitu model 4D dengan tiga tahap pertama (define, design, develop). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi media pada aspek format, penggunaan, bahasa, dan isi. Lima orang validator produk terdiri dari 2 orang dosen Program Studi Biologi dan 3 orang guru biologi dari tiga sekolah di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Hasil pengembangan media leaflet menampilkan 11 jenis burung yang tergolong ke dalam 10 famili dan isi cerita rakyat yang disajikan secara ringkas untuk menarik minat sekaligus sebagai pengantar dalam pengenalan jenis burung. Hasil validasi media memperoleh nilai CVR dan CVI sama dengan 1 atau berada pada kategori valid secara konten. Dengan demikian, media leaflet Keanekaragaman Jenis Burung di Hutan Sahadatn Desa Tunang valid dan layak untuk diuji coba sebagai media pembelajaran Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati di SMA. Penggunaan cerita rakyat sebagai sumber belajar berpotensi untuk meningkatkan ketertarikan dan pengetahuan peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...