Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 2 (2022)

Deskripsi Keterampilan Komunikasi Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Bulukumba

Tiyastuti, Sri Purwati (Unknown)
Yunus, Sitti Rahma (Unknown)
Saenab, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis gaya belajar peserta didik, (2) tingkat keterampilan komunikasi peserta didik, dan (3) keterampilan komunikasi ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Variabel dalam penelitian ini yaitu gaya belajar dan keterampilan komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 29 Bulukumba. Pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling sebanyak 25 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dan tes keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 4 jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan visual kinestetik. Keterampilan komunikasi berada pada kategori sedang dengan skor rata rata 9,6. Keterampilan komunikasi ditinjau dari gaya belajar peserta didik yaitu visual kategori sedang, auditorial kategori rendah, kinestetik kategori rendah dan visual kinestetik kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...