Artikel ini menggambarkan sebuah hasil penelitian terkait pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian melibatkan 31 siswa kelas V SDN 105327 Perdamean Kecamatan Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil belajar pretest diperoleh rata-rata yaitu 66,96 dengan kategori cukup. Setelah peneliti memberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Quantum Teaching, peneliti selanjutnya memberikan post test dan diperoleh rata-rata yaitu 83,06 dengan kategori baik sekali. Hasil pengolahan data dan nilai signifikan model Quantum Teaching yang diperoleh adalah 0,200 0,05 sedangkan hasil belajar siswa signifikannya menunjukkan 0,200 ≥ 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat diketahui bahwa nilai signifikan dari model Quantum Teaching dan hasil belajar siswa lebih besar dari 0,05, maka hasil belajar siswa berdistribusi normal. Dari hasil penelitian uji hipotesis (uji-t) menunjukkan bahwa model Quantum Teaching memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hal tersebut terbukti dari nilai thitung ≥ ttabel sebesar 6,023 ≥ 1,697. Maka dengan demikian Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara model Quantum Teaching (X) dengan hasil belajar siswa (Y).
Copyrights © 2022