Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN PUZZLE PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Septi Karuniawati (FKIP UMK Kudus Jl Lingkar Utara, Kayuapu Kulon, Gondang)
Slamet Utomo (FKIP UMK Kudus Jl Lingkar Utara, Kayuapu Kulon, Gondang)
Gunawan Setiadi (FKIP UMK Kudus Jl Lingkar Utara, Kayuapu Kulon, Gondang)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Artikel ini menganalisis pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada materi organ pernapasan manusia. Penelitian yang dipaparkan dalam artikel ini merupakan penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen. Populasi penelitian melibatkan siswa kelas V sekolah dasar Segugus Jenderal Sudirman Kecamatan Pulokulon. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas V SDN 4 Karangharjo sebagai kelas eksperimen dengan model guided inquiry berbantuan puzzle picture dan siswa kelas V SDN Kecil Karangharjo sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pemgambilan sampel adalah purpose sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data berupa uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis dengan uji-t dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat  pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan puzzle picture terhadap hasil belajar siswa dengan hasil t hitung sebesar 6.154, ttabel sebesar 2,0277, maka thitung lebih besar dari ttabel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...