Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 6 (2022)

PENERAPAN LITERASI KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMPN 6 KEPULAUAN SELAYAR

Haeruddin Haeruddin (SMP Negeri 6 Kepulauan Selayar)
Elpisah Elpisah (Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, STKIP Pembagunan Indonesia, Makassar)
Eka Apriyanti (Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, STKIP Pembagunan Indonesia, Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui penerapan literasi kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 6 Kepulauan Selayar. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa tahap meliputi perencanaan, tindakan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 6 Kepulauan Selayar berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan reduksi data, pengajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan di tiap siklusnya. Di mana pada siklus I nilai rata-rata hanya 69.06 atau 60% ketuntasan belajar secara klasikal. Namun setelah diadakan refleksi sebagai langkah untuk melaksanakan siklus II mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata secara individu yang diperoleh siswa sebesar 90.31 atau 100% ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan literasi kritis memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 6 Kepulauan Selayar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...