Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS IV SD NEGERI 35 PALEMBANG

Meilindya Meilindya (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang)
Treny Hera (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang)
Endie Riyoko (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2022

Abstract

Artikel ini membahas kurangnya kemandirian siswa saat merencanakan kegiatan pembelajaran karna masih mengikuti arahan orang tua dan kurangnya kreativitas pada siswa yang belum mampu menciptakan konsep dalam membuat karya kolase. Hasil belajar materi seni rupa kolase dengan bahan daun-daunan adalah sebanyak 41% siswa yang belum mencapai kkm. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa kelas IV sd negeri 35 palembang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasi. Sampel yang digunakan adalah 22 siswa kelas IV yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Uji korelasi ganda menunjukan pada tingkat korelasi kuat uji f dengan taraf signifikan 5% menunjukan  ditolak dan  diterima dengan besarnya kontribusi sebesar 56%. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa kelas iv sd negeri 35 palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...