Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Cicha Veronika Purba (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh penelitian tentang pengaruh pembelajaran berbasis Web dengan Google Sites terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD RK. Budi Luhur Kecamatan Medan Denai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian berupa pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan populasi sebanyak 56 siswa. Peneliti mengambil sampel 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran berbasis web dengan Google Sites termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata 85,27. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,200. Jika 0,200 > 0,05, maka data kelas V berdistribusi normal. Pada pengujian kolerasi, koefisien korelasi sebesar 0,873 dengan signifikansi 0,05 artinya rhitung (0,873) > rtabel (0,329). Maka, ada korelasi positif antara pembelajaran berbasis web dengan Google Sites tehadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Hasil pengujian uji t dimana ????ℎ???????????????????? 10,426 ≥ ???????????????????????? 2,032 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh pembelajaran berbasis web dengan Google Sites terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...