Indonesian Journal of Instruction
Vol. 3 No. 3 (2022): September 2022

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Sutrisno, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Rendahnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika, berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem-based learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VI yang jumlahnya 24 orang yang terdiri dari perempuan 11 orang dan laki-laki 13 orang. Penelitian yang akan dilakukan difokuskan pada satu objek. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan satu metode, yaitu metode tes. Dengan jenis tes isian. Setelah data terkumpul kemudia dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus dengan rata-rata 62,92 (kategori kurang), siklus I dengan rata-rata 69,58 (kategori cukup), meningkat lagi menjadi 79,17 (kategori baik) pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...