Berpikir secara bersamaan (komprehensif) yaitu yang berkaitan dengan al-Aql (akal), al-Qolb (hati), an-Nafs (nafsu, kehendak), dan ar-Ruh (ruh), menurut pendidikan Islam. Sedangkan menurut Teori Neurosains Kognitif dalam Pembelajaran yang dipaparkan oleh Suyadi, yaitu Neurosains Kognitif pada dasarnya adalah ilmu tentang “otakpikiran”, “jiwa badan”, maupun “jasmani-ruhani”. Pada dasarnya, intinya, bahwa manusia berpikir dengan 4 faktor yaitu Aql (akal), al-Qolb (hati), anNafs (nafsu, kehendak), dan ar-Ruh (ruh). Keempat faktor tersebut saling berkaitan. Revitalisasi internalisasi pendidikan karakter religius anak usia dini harus berpijak pada pendidikan Islam yang dilandasi oleh ajaran Al Qur’an, sunah rosul dan teori-teori filosofi Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020