Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 2 (2022): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Pada Materi Aritmetika Sosial

Nurlafifah Rosida (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdul Fatah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Hepsi Nindiasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil kelayakan dan kepraktisan dari pengembangan e-modul matematika berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content and Knowledge) pada materi aritmetika sosial. Dengan menggunakan metode ADDIE, yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Bentuk penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian pengembangan. Lembar validasi yang diisi oleh enam validator dapat digunakan untuk menilai tingkat kelayakan e-modul yang dikembangkan, sedangkan lembar respon guru dan lembar respon siswa digunakan untuk menilai kelayakan e-modul matematika yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan e-modul matematika berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content and Knowledge) pada materi aritmetika sosial menunjukkan bahwa (1) penilaian e-modul matematika pada sisi kelayakan, kategori “sangat layak” menerima proporsi rata-rata 85,35%; (2) hasil uji kepraktisan pada lembar jawaban siswa dan guru menghasilkan persentase rata-rata sebesar 89,62% dan 86,45% dengan kategori “sangat praktis”. Akibatnya, dapat dikatakan demikian pengembangan e-modul matematika berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content and Knowledge) pada materi aritmetika telah teruji kelayakan dan kepraktisannya sebagai sumber belajar matematika.Kata Kunci: E-modul, TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge), Aritmetika Sosial

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...