Metode numerik merupakan mata kuliah wajib pada program studi pendidikan matematika. Identifikasi hasil asesmen metode numerik diperlukan sebagai refernsi penting untuk memperbaiki pembelajaran di waktu yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menjawab soal-soal metode numerik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dipilih dengan cara purposive sampling. Data diambil dengan data tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisisnya menggunakan triangulasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut adalah tidak memahami materi, jawaban tidak lengkap, tidak menuliskan dengan benar, kesalahan dalam menerapkan rumus, kesalahan penghitungan, kesalahan penentuan selang terpilih, kesalahan menghitung, dan kesalahan input data. Selain itu, mahasiswa juga rawan dalam melakukan kesalahan penghitungan pada akhir-akhir iterasi.
Copyrights © 2022