Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 2 No. 5 (2022)

Pengaruh Kecanduan Media Sosial dan Game Online terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik

Miftakhul Ahmad Fauzi (Universitas Negeri Malang)
Blasius Boli Lasan (Universitas Negeri Malang)
Irene Maya Simon (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Abstract: The aim of this study is to determine the effect of addiiction to social media and online games on the academic procrastination of grade IX students of SMP Brawijaya Smart School Malang in the 2021-2022 academic year. This studdy uses a quantitative research approach. This type of research, the researcher uses correlation research. Sampling was determined through random sampling with the number of research subjects totaling 100 students. This study used subjects from students of SMP Brawijaya Smart School Malang class IX. The researcher used a scale of social media, online games and academic procrastination which was adapted from previous research. Data analysis used descriptive analysis, normality test, simple linear regression test, multiple correlation test and hypothesis testing (f) with the help of SPSS 24.0. The results show that there is an influence between addiction to social media and online games on academic procrastination in students at SMP Brawijaya Smart School. This is evidenced by the significant value of 0.000, where the significant value is 0.000 less than 0.05. So it can be interpreted that there is an influence of social media and online game addiction variables on academic procrastination. Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan ialah untuk mengetahui pengaruh kecanduan media sosial dan game online terhadap prokrastinasi akademik peserta didik kelass IX SMP Brawijaya Smart School Malang tahun ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini, peneliti memakai penelitian korelasi (corelation). Pengambilan sampel ditentukan melalui random sampling dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 100 peserta didik. Penelitian ini menggunakan subjek dari peseerta didik SMP Brawijaya Smart School Malang kelas IX. Peneliti menggunakan skala media sosial, game online dan prokrastinasi akademik yang diadaptasi dari penelitian sebelum-belumnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji korelasi ganda dan uji hipotesis (f) dengan bantuan SPSS 24,0. Hasil menunjukkan adanya pengaruh antara kecanduan media sosial dan game online terhadap prokrastinasi akademik pada peserta didik di SMP Brawijaya Smart School. Hal tersebut dibuktikan dari nilai signifikannya sebesar 0,000, dimana nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa adanya pengaruh variabel kecanduan media sosial dan game online terhadap prokrastinasi akademik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...