Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi peran orang tua dalam mendampingi kegiatan pembelajaran daring dari rumah pada siswa, Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh partisipasi yang orang tua berikan pada siswa terhadap prestasi belajar IPA siswa selama belajar daring dari rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survei. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 70 orang tua siswa dari kelas VIII A-G MTsN 2 Majalengka. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probalility sampling dengan tipe simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Peneliti mengobservasi langsung para orang tua siswa dan peneliti meminta para orang tua siswa untuk mengisi angket dengan memilih opsi jawaban pada kolom yang tersedia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistic deksriptif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan data hasil penelitian dipereoleh hasil rata-rata respon orang tua dalam mendampingi siswa selama pembelajaran daring di rumah yakni 73% dengan kategori kuat, itu artinya peran orang tua begitu optimal dalam mendampingi siswa selama pembelajaran daring di rumah dan terdapat peningkatan prestasi belajar IPA dengan rata-rata nilai raport diatas 75 dan menunjukan diatas KKM.Kata kunci Optimalisasi Peran orang tua, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar IPA
Copyrights © 2022