Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi belum menggunakan sintaks inkuiri sehingga mahasiswa kurang aktif saat melakukan praktikum terutama dalam pemecahan masalah dan kreatif dalam belajar mandiri. Pengembangan panduan praktikum penting untuk dilakukan karena dapat membuat mahasiswa lebih aktif dalam praktikum dan pembaruan informasi dari panduan praktikum sebelumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon mahasiswa terhadap panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi metamorfosis yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four D) (define, design, development, and disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang terdiri dari angket validasi materi, media, dan respon mahasiswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi diperoleh skor persentase sebesar 91,3% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli media diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba pada mahasiswa skala kecil diperoleh skor sebesar 84,73% dengan kategori “layak” dan hasil ujicoba pada mahasiswa skala besar diperoleh skor sebesar 85,7% dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi metamorfosis dinyatakan layak untuk digunakan dalam praktikum perkembangan hewan.
Copyrights © 2022