Tujuan penelitian mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan kepada profitabilitas perusahaan. Populasi studi ini yakni seluruh perusahaan entertainment yang tercantum dalam Bursa Efek Korea Selatan dari tahun 2015-2020. Sampel ditetapkan sesuai kriteria yang ada yaitu sebanyak enam perusahaan seperti SM Entertainment Co. Ltd; JYP Entertainment Corp; YG Entertainmet Inc; Cube Entertainment Inc; CJ ENM Co. Ltd dan Netmarble Corp. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan regresi data panel dengan software eviews 12. Hasil uji model menjelaskan bahwa koefisien determinasi yang disesuaikan sebesar 19,20% atau dengan kata lain lebih banyak dijelaskan oleh variabel diluar model. Hasil pengujian hipotesis didapat; Leverage berpengaruh signifikan positif kepada profitabilitas maka hipotesisnya (H1) ditolak; Ukuran perusahaan memberikan pengaruh positif dan tidak signifikan kepada profitabilitas maka hipotesis (H2) ditolak; Pertumbuhan penjualan memberikan pengaruh signifikan positif kepada profitabilitas, maka hipotesis H3 dapat diterima.
Copyrights © 2022