Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY COMBINING GALLERY WALK STRATEGY AND STUDY GROUP STRATEGY FOR X GRADE AT SENIOR HIGH SCHOOL

Depega, Chintis - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Speaking adalah suatu proses menyampaikan informasi atau pengetahuan secara lisan. Didalam pengajaran speaking, banyak yang mengalami kesulitan dalam pelafalan serta pengucapan karena mereka kurangnya kosa kata dalam bahasa inggris, sehingga menganggap pelajaran speaking merupakan pelajaran yang susah dan membosankan. Strategi yang cocok digunakan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan strategi gabungan Gallery Walk dan Study Group. Strategi gabungan ini ditujukan untuk mempermudah dalam memahami berbicara dan pelafalan kata. Dalam strategi ini siswa bekerja secara berpasangan atau berkelompok. Kegiatan yang dilakukan adalah guru memperlihatkan sebuah gambar kepada siswa dan guru menyuruh siswa untuk menggambarkan apa yang mereka bayangkan dalampikiran mereka. Gambar yang diperlihatkan guru berhubungan dengan teks yang akan dibacakan oleh guru, itu bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami teks karena mereka telah mempunyai gambaran tentang teks tersebut. Gambaran yang telah didapatkan oleh mereka harus berbagi dengan pasangan mereka. Dengan mengunakan strategi diatas diharapkan dapat meningkatkan motivasi mereka, ketertarikan siswa dalam memahami teks bahasa inggris khususnyateksdeskriptif.

Copyrights © 2014