Bahasa Inggris adalah subjek yang harus dipelajari di Indonesia sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Walaupun Bahasa Inggris telah dipelajari bertahun-tahun, tapi para siswa masih memiliki kesulitan khususnya speaking. Hal ini disebabkan karena para siswa kurang kosa kata, kurang praktek dalam kelas, dan kurangnya percaya diri. Oleh karena itu, guru harus bias menemukan strategi yang menarik dalam proses belajar mengajar sehingga membuat para siswa senang dan tertarik untuk belajar Bahasa Inggris serta mampu untuk speaking. Pengajaran speaking (berbicara) merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Sejalan dengan pentingnya pengajaran speaking maka, seorang guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran speaking menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran speaking. Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan speaking dengan menggunakan dua strategy yaitu plus minus interesting (PMI) dan placemat. Dalam aplikasi dua strategi ini, penulis menggunakan strategi pertama yaitu, PMI sebagai awal pembelajaran. Strategi ini membantu sswa dalam mengembangkan ide-idenya. Strategi ini dibantu oleh penggunaan tabel yang berisi Plus, Minus, dan Interesting. Kemudian guru meminta masing-masing siswa untuk menuliskan ide-ide tersebut dengan mengisi tabel PMI tersebut. Selanjutnya penulis menggunakan strategi yang kedua yaitu placemat yang digunakan pada pertengahan pembelajaran dimana setelah siswa mengisi tabel PMI tersebut, dan guru meminta siswa duduk per grup. Disinilah akitifitas siswa untuk mengungkapkan opini-opininya di dalam diskusi kelompok dilihat. Setelah itu, siswa diminta untuk berbagi pendapat. Terakhir, guru menyuruh siswa untuk mempraktekkan materi yang dijelaskan lewat tabel PMI berupa percakapan.Akhirnya, melalui penulisan makalah ini, penulis berharap dengan membaca makalah ini, penulis bisa memperkenalkan cara menggabungkan dua strategi dalam pengajaran speaking. Bagi siswa diharapkan akan lebih termotivasi dan kreatif untuk berbicara Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2014