Manajemen kelas adalah salah satu aspek yang berpengaruh dalam proses pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas. Secara umum ada tiga komponen dari manjemen kelas yaitu: strategi guru dalam mengajar, kebiasaan murid dalam kelas dan menajemen waktu. Dalam manajemen waktu ada lima aspek yang harus di perhatikan oleh guru seperti planning, organising, prioritizing, Papework dan taking relaxation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif managemen waktu yang diterapkan oleh guru Bahasa Inggris dalam proses pengajaran dan pembelajarn di dalam kelas. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat permasalahan apa yang di temukan oleh guru Bahasa Ingggris dalam menerapkan manajemen waktu yang efektif. Partisipan dari penelitian ini adalah semua guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMAN 1 Lembah Melintang tahun ajaran 2014/2015. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan 3 jenis instrumen antara lain: questionnaire, camcorder, document. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa hampir semua guru di kategorikan always effective dalam menerapkan manajemen waktu dalam kelas. Sedangkan permasalahan yang ditemukan dalam menerapkan manajemen waktu yang efektif ialah waktu yang tersedia tidak cukup untuk menerapkan semua nya selain itu masalah yang ditemukan ialah dalam proses pembelajaran kadang-kadang guru menggunakan waktu yang tidak sesuai ketika melakukan proses pembelajaran dan pengajaran di dalam kelas.
Copyrights © 2014