Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

AN ANALYSIS OF EXTROVERSION AND INTROVERSION STUDENTS LANGUAGE LEARNING STRATEGY ( A Study at Eleventh Grade Students of SMA N 1 Lembah Melintang Pasaman Barat)

-, Maysyaroh - ( Mahasiswa Program Studi Pendidkan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Kepribadian adalah salah satu aspek yang berpengaruh dalam proses belajar seorang siawa. Secara umum ada dua tipe kepribadian siswa, terbuka dan terturup. Siswa yang berkepribadian terbuka akan memiliki strategi belajar yang cenderung suka bekerja sama dengan teman sekelas dan siswa yang berkepribadian tertutup juga cenderung bekerja sama agar menghindari penilaian yang buruk dari guru dan teman sekelas dikarenakan mereka memiliki sifat yang pendiam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa strategi belajar yang digunakan oleh siswa yang berkepribadian terbuka dan tertutup. Responden dari penelitian ini adalah 60 siswa kelas sebelas SMAN 1 Lembah Melintang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 30 siswa yang berkepribadian terbuka dan 30 siswa yang berkepribadian tertutup yang diambil menggunakan teknik stratified sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 jenis angket. Angket pertama bertujuan untuk menemukan tipe kepribadian siswa antara terbuka dan tertutup dan angket yang kedua bertujuan untuk menemukan strategi belajar Bahasa Inggris siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siawa yang berkepribadian terbuka menggunakan social strategy dan siswa yang berkepribadian tertutup menggunakan affective strategy. Semua siswa dikategorikan low users dalam menggunakan strategi belajar Bahasa Inggris.

Copyrights © 2014