Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi Readers Theatre dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain the static group comparison. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 12 Padang yang terdiri kedalam lima kelas. Dalam pemilihan sampel diperoleh kelas X3 sebagai kelas try-out , X4 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen peneliti memberikan perlakuan dengan strategi Readers Theatre dan pada kelas kontrol dengan strategi Think Pair Share. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol adalah sebanyak delapan kali pertemuan untuk masing-masing kelas. Materi yang diajarkan sesuai dengan silabus kelas X semester kedua yaitu narrative dan descriptive text. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari strategi Readers Theatre dalam meningkatkan reading comprehension siswa kelas X SMA N 12 Padang. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh ttest 2.43 lebih besar dari ttable 2.00, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Readers Theatre dapat memberikan efek yang lebih baik terhadap hasil belajar Bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas X di SMA N 12 Padang.
Copyrights © 2014