Penulisan makalah ini bertujuan membantu guru mengatasi masalah siswa dalam pengajaran menulis pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Adapun masalah yang dihadapi oleh siswa menengah atas (SMA) antara lain adalah siswa sulit membuat teks dengan baik karena mereka sukar menemukan ide yang akan siswa tulis. Selain itu, mereka juga jarang melakukan revisi dan pengeditan terhadap tulisan mereka sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis bermaksud untuk memberikan masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam pengajaran menulis dengan menggabungkan dua strategi dalam satu pengajaran menulis teks, yaitu strategi Looping dan Praise-Question-Polish. Kedua strategi ini dapat mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam menulis dan mempermudah siswa menyampaikan ide mereka dalam bentuk tulisan. Kemudian, siswa diminta untuk melakukan revisi dan pengeditan terhadap tulisan mereka sehingga siswa bisa menghasilkan suatu text atau cerita yang baik.Dalam makalah ini penulis berharap kepada guru, siswa, dan semua pihak yang terkait dapat mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan penggabungan dari strategi ini.
Copyrights © 2014