Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING SPEAKING BY COMBINING CURIOSITY BOX WITH TEAM STAND-N-SHARE STRATEGIES FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Maharani, Rezki - ( Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Makalah ini mendiskusikan dua strategi yang digabungkan untuk meningkatkan pengajaran bahasa Inggris. Strategi ini digunakan untuk mengajarkan berbicara,terutama kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Strategi Curiosity box dan Team Stand-N-Share memungkinkan siswa untuk mampu berbicara secara langsung, dalam menyampaikan ide dan pendapat yang disertai alasan atas satu topik yang dibahas dalam pembelajaran speaking didalam kelas. Langkah-langkah pengajaran dengan menggunakan Strategi Curiosity Box dan Team Stand-N-Share dimulai dengan membimbing siswa mengingat kembali topik-topik hangat yang sudah dibacanya di kelas membaca pada pertemuan sebelumnya, dengan cara mengumpulkan gambar yang berkaitan dengan teks dan mengemas gambar-gambar tersebut dalam sebuah kotak. Kemudian siswa bekerja di kelompok berdiskusi tentang sebuah topik. Setiap kelompok akan mendiskusikan satu topik dibantu dengan bimbingan guru. Selanjutnya setiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya kepada kelompok lainnya. Dalam diskusi ini, kelompok lain akan dimintai pendapat, saran atau pertanyaan berdasarkan topik yang dipersentasikan oleh kelompok penyaji. Melalui Strategi Curiosity Box dan Team Stand-N-Share diharapkan bisa membantu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam mengembangkan kemampuan berbicara (speaking) dalam bahasa Inggris.

Copyrights © 2014